Catatan Akhir Tahun 2011


Assalammu`alaikum Wr. Wb.

Detik demi detik, jam demi jam, hari demi hari, minggu demi minggu, bulan demi bulan pun berlalu, yang sesaat lagi saya pun akan melalui sebuah tahun yang sangat berarti yaitu tahun 2011. Di tahun ini banyak hal yang telah terjadi, berbagai suka dan duka pun dapat dirasakan  oleh karena itu diakhir tahun ini saya ingin menorehkan sedikit catatan akhir tahun yang mudah-mudahan di tahun depan bisa lebih baik lagi…
Saat ini saya hanya ingin merenungkan berbagai kejadian, berbagai koreksi, berbagai pujian yang dilontarkan oleh orang-orang kepada sifat, karakter, prilaku termasuk kinerja saya. Beberapa pertanyaan yang ada dalam benak saya diantaranya : 1. Selama Tahun 2011 ini apa yang telah saya kerjakan ? sampai saat ini masih banyak kekurangan yang saya rasakan, saya ingin membawa diri saya, keluarga dan SD N. Karang Mekar Mandiri 2 lebih baik, namun dengan keterbatasan saya dalam bebergai aspek sepertinya hal itu belum terjadi! Saya belum dapat memberikan kebahagiaan kepada keluarga saya, saya belum dapat menunjukan adanya sebuah perubahan di instansi saya, namun apalah daya “ingin hati memeluk gunung, apadaya tangan tak sampai”.  Saya hanya ingin mencoba membawa perubahan SD N. Karang Mekar Mandiri 2 ke arah yang lebih baik, namun apalah artinya saya. Saya hanya seorang insan lemah, seorang “junior” yang harus berjuang melawan derasnya arus “budaya” yang sangat sulit untuk dibawa ke arah yang lebih baik. Arus itu terlalu deras yang bukan tidak mungkin dapat menghempas saya. Mungkin inilah titik terlemah saya ketika saya harus merenung, karena selama ini saya berusaha untuk melawan dan mengabaikan omongan orang, ke-iri-an orang, dan prasangka buruk orang lain terhadap saya. Tapi saat ini saya renungkan, dimana letak kesalahan saya? Kenapa orang harus mengatakan yang tidak baik tentang diri saya? Saat ini  semua itu saya jadikan sebuah motivasi untuk saya dapat merubah diri di hari esok, lusa dan tahun yang akan datang.
Terkadang saya pun iri dengan kehidupan “orang-orang di sekitar saya” yang ketika malam tiba mereka bisa tertidur pulas sedangkan saya masih berhadapan dengan monitor karena tugas yang harus selesai segera, ketika yang lain bisa pulang dari kantor dan berkumpul dengan keluarga di rumah, saya harus masih tetap dikantor untuk membersihkan kantor karena kebanjiran, menyelesaikan tugas-tugas yang sebenernya tugas tersebut bukan tugas pokok saya! Ketika yang lain bisa menikmati liburan bersama keluarga, saya harus masuk kantor untuk menata ruangan dan mengerjakan tugas-tugas lain! Mungkin pengorbanan saya tidak seberapa tapi setidaknya reward and punishment itu harus ada! Katakan sebuah kebaikan jika itu baik, dan katakan sebuah kesalahan jika emang saya melakukan kesalahan.
“Tidak semua kebaikan yang kita lakukan dapat diterima dengan baik oleh orang-orang”, saya pun menyadari kalimat tersbut, namun mengapa orang-orang di sekitar saya tidak bisa membedakan mana yang baik dan mana yang tidak padahal menurut saya kebaikan sifatnya mutlak! Saya tidak melarang setiap orang berkomentar tentang diri saya, namun saya sangat mengharapkan komentar-komentar atau saran-saran yang sifatnya baik dan membangun bukan saran yang menjatuhkan.
Lelah..., itulah yang saya rasakan di perenungan ini, mungkin inilah kesalahan saya, saya terlalu ambisius, terlalu idealis, terlalu ingin segala sesuatunya sempurna. Saya menyadari inilah kesalahan terbesar saya. Saya terlalu takut SD N. Karang Mekar Mandir 2 berada di bawah yang lain, saya terlalu takut dengan SK Walikota yang mengamanatkan kepada saya untuk menjaga aset milik daerah sehingga mungkin saya terlalu ketat dan tegas dalam menjaga amanat walikota tersebut.
Oleh karena itu di penghujung taun 2011  ini saya ingin memohon maaf kepada : 1).  Istri tercinta, saya yang selama ini selalu seolah terabaikan dan ternomor dua kan oleh tugas-tugas saya, tetapi walaupun demikian dia selalu sabar mendampingi, memberi semangat dan motivasi. 2) Orang tua saya, yang jarang saya tengok karena kesibukan saya. 3) kepada Pimpinan, selama ini saya belum dapat memberikan yang terbaik dan membawa perubahan SD N. Karang Mekar Mandiri 2 ke arah yang lebih baik. 4). Kepada rekan-rekan, yang mungkin selama ini ada kata, sikap, prilaku dan tingkah laku saya yang kurang berkenan di hati rekan-rekan sehingga menimbulkan luka di hati karena saya. Tidak sedikitpun saya berniat ingin melukai hati rekan-rekan semua. Niat saya hanyalah ingin instansi kita menjadi yang terbaik dalam segala hal, namun mungkin cara saya yang salah dan tidak diterima oleh rekan-rekan. 5). Kepada rekan-rekan yang mengenal saya. 6). Kepada semua siswa, baik yang masih saya ajar, sudah menjadi alumni SMP N. 1 Margaasih, SMKN 11 Bandung, TK-SD-SMP-SMA Al Azhar BSD, SD N. Karang Mekar Mandiri 2 Cimahi. Dan kepada semua orang yang secara langsung atau tidak langsung pernah mengenal saya.
Insya Allah rencana saya di tahun 2012, saya tidak ingin lagi banyak bicara, saya tidak ingin lagi terlalu ambisius, saya akan lepaskan semua jabatan yang melekat selain jabatan dari tugas pokok saya. Saya tidak akan lagi mengambil “jatah” tugas-tugas adminstrasi yang seharusnya dikerjakan oleh orang selain saya. Saya yakin, tanpa campur tangan dari orang yang ga berarti seperti saya ini dan dikelola dengan baik oleh orang-orang yang sudah berpengalaman, SD N. Karang Mekar Mandiri 2 bisa lebih baik daripada hari kemaren dan hari ini.
Akhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada Pimpinan yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk belajar mengerjakan tugas-tugas di luar tugas pokok saya sebagai pengajar PJOK di SD N. Karang Mekar Mandiri 2. tak lupa kepada rekan-rekan saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan walaupun saya bisa merasakan tidak semua orang bisa tulus dan ikhlas dalam mendukung dan memberikan kesempatan belajar kepada saya, tapi setidaknya telah banyak pelajaran yang telah saya dapatkan dari kehidupan ini. Sekali lagi saya memohon maaf yang setulus-tulusnya kepada semua pihak yang telah tersinggung dan terusik kenyamanannya oleh saya. Saya hanya menjalankan tugas, yang diberikan oleh hati nurani dan pimpinan sebagai wakil dari negara dan masyarakat.... serta saya memohon maaf apabila ada yang merasa kurang berkenan dengan tulisan ini.....

Wabillahi taufik walhidayah
Wassalammu`alaikum Wr. Wb.